Jumat, 07 September 2012

Suddenly English

Ya, masih melanjutkan kisah kemarin, hanya kisah kali ini sedikit lucu. Tapi maaf ya, khawatir kecewa, lucunya cuman sedikit. Jadi jangan berharap banyak.

Oke, tema kali ini masih seputar English. Setelah dag dig dug ser ser nunggu pengumuman PTBI yang berujung pada rasa kesyukuran, kali ini tentang bagaimana prakteknya. Jujur masih agak ragu kalo mau nulis in English. Karena sebenernya belum bener2 bisa. Nulis aja masih ragu, apalagi conversation. Meskipun dulu waktu SMP pernah les English dan praktek di Pangandaran, (dipaksa) ngobrol sama bule, tapi rasa PD belum jadi bagian dari saya. Apalagi dulu conversationnya udah diatur.

Sebelum ke cerita kemarin, sedikit flashback ke jaman SMP. Jadi waktu praktek ngomong sama bule di Pangandaran, targetnya adalah minta foto bareng. Di sana lumayan banyak bule. Pas mau praktek, biasa dag dig dug ser ser. Oke, pertama tetapkan target. Setelah searching beberapa lama, ketemu target yang bening dan rambut item. Dia lagi berjemur, dulu masih belum terlalu mentingin gimana agama (Islam) tentang aurat. Jadi agak cuek. Ketika saya dan temen mau nyamperin, sialnya doi, maaf, buka 'kacamata' dan tengkurep. *tepok jidat*

Balik arah. Tetapkan target lain dan akhirnya dapet juga. Kali ini cowok jangkung. Badannya bau pisang menurut indra penciuman gue. Hehhehe... Dengan kecakapan english yang cukup, cukup sedikit maksudnya, akhirnya berhasil mendapatkan foto. Begitupun dengan target2 lain.

Kembali ke masa kini, tepatnya kemarin. Setelah kelar kuliah dan dengan tergesa menghampiri papan pengumuman hasil PTBI, langsung ngibrit pulang, mandi, minum obat (karena peningnya ampun2an), langsung ke tempat siswa ditemenin sama si Jok Merah. Pas nyampe, agak kaget karena ada bule. 2 orang cowok dan cewek. Yang ini bule tulen lho, bukan bule jadi2an dimana yang bule cuma rambutnya dan tidak disertai kulitnya. Opps... Asalnya dari Rusia, konon. Gak heran juga sih, soalnya ibu si anak yang mau belajar sama saya pergaulannya meluas hingga ke benua Eropa. Pernah diundang temennya di Jerman (kalo gak salah).

Waktu masuk sih cuek aja. Maksudnya cuma salam sama yang empunya rumah. Soalnya mau nyapa entar gak enak sama yang empunya rumah, takut dikira soak. So akrab gitu. Hehehe. Si bule (cowok) sih kayak mau ngajak salaman. Tapi urung karena saya nyelonong ke tempat biasa untuk belajar. Tapi yang empunya sedikit menjelaskan siapakah tamu yang datang barusan alias saya. Bahwa saya adalah math private teacher. Sekitar satu jam berlalu, gak ada yang istimewa selain saling liat sepintas lalu. Kebetulan ngeliat lagi pas mau jeda shalat Maghrib. Selepas shalat Maghrib, si bule makan dan seselesainya cuci tangan di wastafel yang kebetulan satu bagian (ruangan) dengan tempat belajar.

Saat cuci tangan si bule (cewek) kayak ngeliat ke arah saya. Pas saya tengok saya kasih senyum. Supaya terkesan ramah. Heheheh... Saya kembali berusaha khusyu' mengajar. Tapi nyatanya doi ngeliatin terus, dan ketika saya liat dia, akhirnya dia bertanya. In English, exactly. Awalnya paham. Dia bilang temennya, si bule cowok, juga belajar math lho. Saya cuman: "Ohh...". Tapi karena emang masih belum lancar, pas doi ngomong lagi terjadilah pembicaraan yang akhirnya gak nyambung. Di samping emang ngomongnya yang kecepetan. *alibi*

Akhirnya doi nyerah, pasrah. Dan berakhirlah pembicaraan yang sebenernya bisa jadi peluang. Gak berapa lama nyusul tuh bule cowok. Cuci tangan juga. Selepas cuci tangan, dia menghampiri dan ngeliat bahan ajar yang saya bawa. Kebetulan saat itu lagi ngajar Integral. Gue so ngeduluin aja. This is about Integral. Dia ngangguk sambil ngomong, "Yes, I know it.". Nadanya sih seperti, gue juga tau. Disamping ngajar, saat jeda si siwa ngerjain soal, saya belajar materi kuliah. Saat itu lagi ngerjain soal PR yang melibatkan tanda operasi jumlah. Tapi bukan sembarang jumlah. Karena simbolnya bukan hanya tanda plus (+) aja. Melainkan tanda plus yang dikelilingi lingkaran. Maksud dari operasi itu adalah operasi yang akan saya definisikan sendiri. Misal a (+) b = a + 2b. Dan mata doi akhirnya terpaku sama tanda operasi itu.

Dia nanya (terjemahan bebas), ini simbol apaan. Nah, perkaranya saya bingung mau ngejelasin dalam Bahasa Inggris. Tapi akhirnya terpaksa ngomong juga dalam Bahasa Inggris. This is different operation with +. Dia ngangguk. Terus saya diem. Dia ngoceh tapi gak terlalu jelas. Tapi intinya doi ngerti kalo itu berbeda, tapi itu tanda apa? Gue coba jelasin pake contoh. "Example a (plus) b equal with a + 2b.". Doi mulai ngerti, apalagi setelah liat coret2an sebelumnya. Untungnya doi gak lanjutin percakapan. Karena rada engap juga. Mau speak English tapi kagok takut salah dan bingung karena tiba2 harus conversation langsung sama bule. #hadeuh

Sekitar setengah jam setelah percakapan terbatas dengan bule, akhirnya waktunya pulang tiba. Dan kali ini saya putuskan untuk menyapa dalam rangka berpamitan. Selesailah praktek English Conversation.

Semoga, ketika nanti mau S3 (aamiin) sudah lebih siap untuk English Conversation. Aamiin.

Sekian dulu cuap cuap kali ini. Semoga sedikit menghibur atau ada sedikit hikmah yang bisa diambil. Aamiin. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar